Trik mengurangi “wear level” batere notebook

Sekedar sharing saja, saya pengguna notebook Toshiba Tecra A8. Setelah menggunakannya selama 1 tahunan, daya tahan batere berkurang drastis dari 3 jam menjadi 1 jam.

Setelah mencari- cari diinternet saya menemukan sebuah software untuk mengukur daya tahan batere, yaitu EVEREST (sofware benchmarking lainnya mungkin memiliki fitur yang sama). Disana dapat dilihat bahwa kapasitas batere saya memang sudah berkurang banyak. Demikian statistiknya.

Designed capacity 47520
Fully Charged Capacity 19094
Current Capacity 19943
Wear level 59 %

Saya sangat kaget karena di beberapa sumber menyatakan wear level kebanyakan setelah 1 tahun berkisar 10%-20%.

Kemudian saya teringat dengan batere HP saya yang juga mengalami hal yang sama. Dan menurut buku panduannya, cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan fully discharge, yaitu membuat batere benar- benar habis. Kemudian baru di charge hingga penuh.

Demikian hasil dari apa yang telah saya lakukan.

Fully Charged Capacity 22636
Current Capacity 21262
Wear level 52 %

Fully Charged Capacity 27972
Current Capacity 28910
Wear level 41 %

Fully Charged Capacity 27972
Current Capacity 29215
Wear level 41 %

Berdasarkan statistik diatas maka hasilnya adalah kapasitas batere saya bertambah 8800an mWh dan wear level berkurang sebanyak 18%. Namun ternyata kapasitasnya tidak bisa kembali seperti sedia kala walaupun telah dilakukan fully discharge untuk ketiga kali dstnya.

Semoga berguna. ^^

This entry was posted in Komputer, Tips n trick and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>