Pengenalan DB2 9

DB2 merupakan DBMS buatan IBM. Pertama kali dibuat pada tahun 1983 di MVS. Pada tahun 1996, IBM mengeluarkan DB2 UDB v5. Pada versi ini DB2 mendukung untuk penyimpanan berbagai macam tipe data seperti audio, video dan text.

DB2 9 merupakan release terbaru. Versi ini seperti para pendahulunnya dapat berjalan di berbagai platform seperti AIX, HP-UK, Linux, Solaris, Windows, i5/OS dan z/OS. Pada versi ini terdapat beberapa jenis seperti yang ada dibawah. Semakin besar angka semakin besar skalanya, semakin banyak fiturnya, dan tentunya semakin mahal.

1. DB2 Everyplace
Versi ini merupakan versi DB2 yang terkecil, berukurang hanya sekitar 350kb. Versi ini dibuat untuk para pengguna handheld seperti PDA, smartphone

2. DB2 Express
Versi ini merupakan entry level data server yang didesign untuk komputer yang memiliki hingga 2 CPU dan memory hingga 4GB dan memiliki sistem operasi Linux, Solaris atau Windows. Ada beberapa fitur penting di versi ini yaitu
- pureXML : menyediakan akses yang sederhana dan efisien ke data XML dengan keamanan dan integritas yang sama dengan relational data.
- High Availability : menyediakan ketahanan 24 x 7 pada DB2 data server. 3 bagian yang menyusun fitur ini adalah HADR, Online Reorganization, dan IBM TSA MP.
- Workload Management : fitur ini aktif memonitoring penggunaan query dan mengaturnya agar berjalan secara efisien.
- Performance Optimization : fitur ini mengkombinasikan 3 modul yaitu MQT, MDC dan Query Parallelism.
- DB2 Homogenous Federation Feature : fitur ini menyediakan kemampuan untuk mengatur dan mengakses multiple data server.

3. DB2 Express-C
Versi ini merupakan entry level data server yang didesign untuk komputer yang memiliki hingga 2 CPU dan memory hingga 4GB dan memiliki sistem operasi Linux, atau Windows. Versi ini dapat digunakan untuk tujuan evaluasi dan dapat digunakan secara gratis. Ada beberapa fitur penting di versi ini yaitu
- Spatial Extender Client and samples
- Microsoft Cluster Server support
- Informix Data Source support
- Replication Data Capture
- DB2 Web Tools
- Global Secure Toolkit
- APPC and NetBios support

4. DB2 Personal Edition
Merupakan DBMS untuk single user yang ideal untuk desktop ataupun laptop. Dapat digunakan untuk create, modifikasi dan mengatur banyak database lokal.

5. DB2 Workgroup Server Edition

Versi ini merupakan DBMS untuk multi user, client/ server yang didesign untuk komputer yang memiliki hingga 4 CPU dan memory hingga 16GB dan memiliki sistem operasi Linux, Windows, Solaris, Linux, AIX dll. Memiliki fitur yang sama dengan DB2 Express namun dengan skala yang lebih besar

6. DB2 Enterprise Server Edition
Versi ini merupakan DBMS untuk multi user, web enabled client/ server yang dapat menangani transaksi besar, multi terabyte data warehouse. Dapat berjalan di server dari 1 hingga ratusan CPU dengan sistem operasi Linux, Windows, Solaris, Linux, AIX dll. Mempunyai fitur seperti DB2 workgroup dengan tambahan
• High Availability Disaster Recovery (HADR)
• Table (range) partitioning
• Online reorganization
• Materialized Query Tables
• Multi-dimensional data clustering
• Full intra-query parallelism
• Connection Concentrator
• The DB2 Governor
• Tivoli System Automation for Multiplatforms (TSA MP)

7. DB2 Data Warehouse Edition

Merupakan versi yang digunakan untuk data warehouse dinamis. Merupakan gabungan dari DB2 enterprise server ditambah fitur DB2 data partitioning.

8. DB2 Personal Developer’s Edition
Versi ini dapat digunakan pengembang untuk membuat aplikasi yang berinteraksi dengan database yang berada dalam kontrol DB2 personal edition. Dengan menggunakan versi ini, pengembang dapat membuat aplikasi yang berinteraksi dengan DB2 9 dengan metode seperti SQL, SQLJ, .NET, JDBC dll.

Masih ada beberapa versi lain dario DB2 seperti DB2 universal Developer, DB2 enterprise developer, DB2 for i5/OS dan DB2 for z/OS.

This entry was posted in DB2 and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Pengenalan DB2 9

  1. Pingback: Trackback

  2. jenny says:

    mksdnya DB2 gmn ya?
    buat management data? SQL?
    bs buat oracle jg?
    trus ato ada syntac2 yg beda gtu ma yg lain?

  3. denysutani says:

    DB2 merupakan salah satu DBMS. SQL, Oracle juga merupakan DBMS.

    DB2 bisa membaca data yg disimpan di database Oracle.

    Setiap DBMS pasti memiliki syntax yang berbeda-beda. Sejauh yang saya pelajari SQL dan MySQL saja berbeda syntaxnya, apalagi Oracle dan DB2. Namun konsepnya sama saja kok.

  4. Wahyu Haryadi says:

    apa sich keuntungan menggunakan dbms ibm db2?
    Thx

    • denysutani says:

      Biasa mas wahyu, semua DBMS pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Menurut claim IBM, dan beberapa orang DBMS dari IBM ini stabilitas dan reliabilitasnya tidak perlu diragukan. Beberapa bank besar menggunakan DBMS ini, dan DBMS ini terkenal di luar negeri, walaupun di dalam negeri kalah dengan Oracle / SQL Server.

  5. Wahyu Haryadi says:

    oh gtu toh, thx banget mas…, oh ya skalian mas mau minta tolng sy kebetulan ada tgs observasi dbms di instansi pemerintah kebetulan di instansi tsb pakai db2, klo mas ada artikel lengkap ttg db2 bisa minta tolong gak mas kirim ke email sy. skali lagi thx banget…

  6. Joshiro says:

    Boleh tahu nggak mas.. db2 itu sekarang base customernya di mana (perusahaan apa) aja sih? Setahuku sekarang db2 makin meredup neh…

    • denysutani says:

      Setau saya di Indo DB2 memang kurang terkenal, dikarenakan disini lebih banyak yg sudah familiar dengan SQL Server dan ORACLE. Namun di luar sana DB2 cukup terkenal kok.

      Untuk penggunanya, BCA pake. Setau saya sih itu, yg lain kurang tau..

  7. denysutani says:

    Kebetulan saya sudah mendapatkan informasi mengenai pengguna DB2. Di Indo pengguna DB2 lumayan banyak, namun memang Oracle dan SQL lebih banyak penggunanya.

    Berikut beberapa pengguna DB2
    taspen
    trakindo
    tempo
    sinar mas
    nts
    bank permata

    Jumlah penggunanya terus bertambah dari tahun ke tahun.

  8. mahendro says:

    Mas Deny,
    Kalau boleh tahu dapat sumber customer DB2 di Indonesia nya darimana dan untuk aplikasi apa?

    Yang saya tahu Taspen, Trakindo dan Tempo menggunakan DB2 sebagai database platform untuk sistem SAP.

    Untuk Sinar Mas, NTS dan Bank Permata saya tidak tahu untuk aplikasi apa.

    Sekedar informasi, SAP sendiri di Jerman sudah menggunakan DB2 sebagai database platform untuk sistem back office mereka sejak tahun 2007.

    Dan recomended database untuk SAP installation adalah DB2, bukan Oracle lagi.

    • denysutani says:

      Saya dapat infonya dari IBM. Kebetulan saya ada di sana. ^^

      Maap tidak bs memberikan info lebih.

      Terima kasih infonya :D

  9. tarek says:

    klo mengenai price kira2 DB2 mahal ga ya? bisa disebutkan harganya? :)

    terima kasih sebelumnya..

  10. Rustam says:

    Halo mas, salam kenal. saya baca di testi mas punya buku2 ebook ttg DB2 ini. Kalau boleh (harap nih) tolong share saya dong. cari di google koq cm dpt yg “teach in 21-days” gitu aja.

    lewat ini aja mas: u_t4m(at)yahoo(dot)com

    oh ya, jgn yg tingkat advance bukunya mas, saya masih pemula sedang mau mendalami database terutama DB2 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>