8 Cara Meningkatkan Kekuatan Otak Anda

Apakah anda pernah melihat seseorang yang tanpa usaha yang sulit dapat mempelajari konsep dan material baru sementara yang lain harus berjuang? Napoleon Bonaparte dapat menyebutkan nama ribuan prajurit yang setia padanya. Juara catur tingkat dunia dapat memanggil ulang suatu pertandingan yang telah berlangsung bertahun-tahun lalu. Kadang saya bertanya bagaimana cara para intelektual ini melakukannya.

Sebagian dari mereka lahir dengan IQ yang luar biasa, sementara yang lain tidak. Namun untungnya, ada sejumlah teknik yang dapat membantu anda belajar lebih cepat, belajar lebih baik, dan mulai menyerap informasi seperti sebuah spons.

Berikut ini ada 8 tips sebagai tempat untuk memulai.

1. Ajarlah orang lain.

Jika ada sesuatu yang ingin anda pelajari, cobalah untuk mengajarkannya juga kepada orang lain.

Proses pembelajaran tradisional membantu anda untuk menghafal sebuah ide, namun mengajarkan sesuatu kepada orang lain membuat anda benar-benar memahami konsep dan bagaimana cara mengaplikasikannya. Untuk mengajari seseorang, anda harus mengantisipasi kemungkinan adanya pertanyaan dan melihat topik dari sudut pandang yang berbeda. Mengajarkan orang lain akan secara dramatis meningkatkan pemahaman anda.

2. Tulislah sebuah artikel.

Sangat mudah untuk mempelajari sesuatu dari buku. Namun, sebuah cerita yang lain lagi jika anda harus menulis sebuah artikel yang berkenaan dengan suatu topik. Jika anda mau menjadi ahli dalam suatu topik pilihan anda, tulislah buku mengenai hal tersebut. Ini akan memungkinkan anda untuk menelusuri aspek-aspek lain yang sedang anda pelajari. Dengan menuliskannya, anda akan menghubungkannya dengan ide-ide yang sudah anda ketahui dan menciptakan sebuah jaringan pengetahuan.

3. Mulailah sebuah Blog.

Memulai sebuah blog yang menceritakan pengalaman anda akan meningkatkan proses pembelajaran anda. Menulis sebuah blog membuat anda berpikir mundur kebelakang dan maju kedepan yang kemudian harus anda tulis agar dapat dimengerti orang lain. Jika anda ingin meningkatkan kemampuan otak anda ke-level yang berikutnya, saya sangat menyarankan anda untuk memulai blog anda sendiri.

Menulis blog akan menjadi hal yang menarik secara intelektual sekaligus dapat menjadi aktivitas yang dapat menstimulasi.

4. Jagalah tubuh anda dengan baik.

Sementara anda mencoba untuk meningkatkan kecepatan belajar anda, anda harus memastikan anda memberi makan otak anda. Otak adalah bagian dari tubuh yang memerlukan banyak bahan bakar dan oksigen jika anda mengharapkannya dapat berfungsi secara efisien. Dalam proses pembelajaran, anda harus memberi makan dan merawat tubuh anda untuk memaksimalkan proses. Maksud dari hal tersebut, berarti anda harus:
• Makan setiap beberapa jam untuk mempertahankan gula darah anda pada level yang tinggi.
• Olahraga setiap hari.
• Melakukan relaksasi beberapa menit setiap hari.
• Tidur setidaknya tujuh jam setiap hari.
• Minum banyak air.
• Makan siang sedikit. Makan siang yang berlebih cenderung membuat orang menjadi ngantuk, gantilah dengan makan siang yang sedikit dan obrolan yang menarik.

5. Belajar dengan kelima indera.

Sementara orang lain belajar dengan cara yang berbeda, kami memulai proses pembelajaran dengan melihat gambar dan menerjemahkannya menjadi ide. Dari buku bergambar, kami mencoba belajar dengan menggunakan indera penglihatan.

Saat anda perlu mengerti suatu hal dengan cepat, indera penglihatan akan membantu anda membuat gambaran tentang suatu topik pada pikiran anda.

Gambarkan juga pada selembar kertas. Anda bisa gambarkan apapun, sebuah tabel, grafik, atau hanya aliran waktu.

Terus tambahkan gambar pada pikiran anda sementara anda belajar dan ciptakan terus gambar di pikiran anda selagi anda berpikir.

Lebih baik lagi jika anda tidak membatasi diri anda dengan gambar visual. Belajarlah dengan kelima indera.

Sebagai contoh, jika anda ingin mempelajari Buenos Aires, hal terbaik yang dilakukan adalah untuk bepergian kesana, mengeksplorasi kota, mengambil kursus tari tango, menikmati makanan khas, dan berbicara dengan penduduk setempat. Anda belum belajar apapun sebelum anda melatihnya dengan hidup anda. Terlibatlah dengan proses pembelajaran melalui sentuhan, penglihatan, pendengaran, dan penciuman.

6. Tingkatkan motivasi anda.

Motivasi adalah alat untuk meningkatkan daya ingat. Coba pikirkan para siswa sekolah yang begadang semalam sebelum ujian. Mereka memiliki motivasi yang tinggi karena sebelumnya sedikit belajar dan sekarang mereka harus menyedot semua informasi dalam semalam. Mereka dapat menguasai materi karena mereka mau. Sebenarnya karena mereka harus. Motivasi ini membuat proses pembelajaran bekerja pada tngat yang tinggi. Namun sayangnya, menjejalkan informasi buruk untuk memanggil ingatan tersebut dalam jangka panjang.

Jika anda bukan lagi siswa yang suka menunda namun tetap ingin memotivasi diri anda, cobalah dengan imbalan. Jika anda menciptakan suatu sistem imbalan yang terus anda kejar, anda akan belajar lebih cepat sebagai antisipasi mendapatkan imbalan tersebut.

Sebagai contoh, jika anda belajar atau bekerja untuk mengerti sebuah subyek yang berlembar-lembar, anda mungkin akan memberi imbalan diri anda untuk pergi ke toko, bermain video game, atau mungkin menonton acara TV anda. Ciptakan jenis motivasi yang cocok bagi anda.

7. Belajarlah selagi anda tidur.

Bukankah sangat indah menghabiskan waktu tidur sambil mempelajari bahan pelajaran dengan hanya menakan tombol play pada CD player? Tentu saja. Namun sayangnya sebuah penelitian di suatu universitas mengatakan hal itu tidak dapat dilakukan jika anda tertidur nyenyak.

Namun, sebuah bukti menunjukan bahwa anda dapat belajar pada masa tidur ringan, sebuah kondisi sebelum anda tertidur nyenyak.

Namun perlu diingat bahwa materi yang anda dengarkan tidak lebih dari fakta, tanggal, kosa kata, dan materi yang ringan lainnya. Anda tidak dapat mempelajari materi yang berat pada tahap tidur ringan.

Baru-baru ini, peneliti di jerman menemukan bahwa penggunaan stimulasi elektrik pada tahap tertentu dalam tidur dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengingat fakta.

8. Meningkatkan kreatifitas otak
Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengasah kreatifitas otak kita. Salah satunya yang paling mudah dan gampang adalah dengan bermain game yang memang berguna untuk mengasah otak dan kemampuan berpikir. Salah satu game yang paling saya sukai adalah scrabble, selain bermanfaat menambah kemampuan berbahasa Inggris, tentunya membuat otak berpikir selain juga fun tentunya. Selain itu di internet banyak bertebaran software – software yang dapat digunakan untuk merangsang kemampuan otak kita.

Well, ada 8 cara yang dapat kita lakukan. Buat anda penggemar blog tentunya sudah melakukan langkah no 1-3. ^^

This entry was posted in Tips n trick and tagged , . Bookmark the permalink.

10 Responses to 8 Cara Meningkatkan Kekuatan Otak Anda

  1. Numpang pertamaxx dulu ah….. :D

  2. wahyu says:

    Yups, tips nya boleh dicoba nih…
    Salam kenal mas Deny…
    Just blog walking ajah…

  3. refi75 says:

    tipsxa bisa dibuat percobaan nanti dicoba deh. tolong smpaikan salam que pada wahyu

  4. A R U L>>>>> says:

    Ok deh mas dany, ntar ku coba praktekkan.. thanszzzzz

  5. widya says:

    ok boleh juga tipnya tapio bisa ngak nulis yang lain tentang bagaimana car membuat tabelmenge;lola dan pokoknya banyak deh soal nya aku tu baru belajar membuat tabel
    SALAM KENAL DARIQYUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU

  6. dodo says:

    STAY HUNGRY ……STAY FOOLISH…..

  7. Herlambang says:

    Sip gan.. saya juga seneng mainan scramble :)
    tapi emang saya lahir dengan IQ pas-pasan kali ye.. jadinya yah beginilah adanya wekeke :-)

    • denysutani says:

      Hoho, jika anda merasa punya IQ pas2an, ingatlah Naruto. ^^
      The idiot ninja but he someday will be the greatest ninja because of his super hard work :D

  8. nahid says:

    wah boleh juga, tipsnya
    thank & slam kenal Bro

  9. ajis says:

    boleh juga dicoba GITU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>