DB2 maintenance utilities

RUNSTAT
DB2 menggunakan utiliti yang kompleks untuk menentukan bagaimana data diakses. Keputusannya sangat dipengaruhi oleh informasi statistik tentang besarnya table dan index yang ada. Informasi ini didapat dengan menggunakan RUNSTAT. Informasi yang didapatkan seperti jumlah record, jumlah pages, panjangnya record dan sebagainya.

Contoh command
db2 runstats on table 8sdeny.staff allow write access

Penggunaan RUNSTAT sangat menguras resource, namun untuk mendapatkan operasi database yang efisien, informasi harus diupdate secara teratur. Oleh karena itu dicari waktu dimana workload database sedang berada di posisi rendah sehingga tidak mempengaruhi kinerja database.

REORG and REORGCHK
Data yang diinsert dan didelete mungkin tidak berada ditempat yang sesuai. Oleh karena itu, DB2 harus melakukan read operation untuk mengakses data. Hal ini meningkatkan operasi I/O.

Untuk menghindari masalah ini, DB2 menggunakan perintah REORG untuk mereorganisasi data untuk tabel dan atau index. Kit dapat melakukan operasi REORG secara offline atau online. Ketika melakukan REORG offline, user dapat melihat data, sedangkan jika online maka user dapat melihat dan menulis. Kita dapat menggunakan option ALLOW NO ACCESS untuk mencegah user mengakses data.

Untuk mengetahui atau mengetahui statistik database dapat digunakan REORGCHK. Dengan utiliti ini juga dapat diketahui table atau index yan perlu di REORG.
Contoh
db2 reorgchk current statistics on table user

REBIND

Untuk membuat ulang package sehingga statistik database terbaru dapat digunakan.

This entry was posted in DB2 and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>