DB2 High Availability – Log Shipping

Sebuah High Availability (HA) System memiliki karakteristik sebagai berikut
- proses transaksi yang efisien
- recovery yang cepat jika terjadi bencana
- kemampuan failover jika terjadi kegagalan database manager

Berikut kita akan membahas tentang karakteristik yang ketiga. Di DB2 terdapat fitur yang mendukung HA System yaitu log shipping, split mirroring dan high availability disaster recovery (HADR). Kita akan membahas satu persatu dimulai dengan log shipping.

Untuk menjamin terjadinya HA, biasanya sistem akan memiliki 2 buah database, yaitu database utama dan database cadangan. Jika terjadi kegagalan pada database utama, maka transaksi akan diambil alih oleh database cadangan.

Sebelumnya kita pernah membahas mengenai rollforward database yang digunakan untuk mengapply log file yang ada. Metode tersebut akan digunakan di database cadangan. Untuk melakukannya secara otomatis dan teratur dapat dibuat script. Namun bagaimana caranya agar log yang ada di database utama dapat digunakan oleh database ca dangan ?

Log shipping merupakan sebuah metode dimana transaction log secara otomatis akan di backup dari database utama dan dapat diakses oleh database cadangan. Dengan menggunakan log shipping, maka database cadangan dapat identik dengan database utama, karena database cadangan selalu secara terus menerus mengapply log yang baru. Dengan begini, ketika terjadi kegagalan, database cadangan dapat langsung mengambil alih.

Untuk melakukan log shipping, caranya cukupnya mudah.
1. pastikan DB2 yang digunakan memiliki versi yang sama antara database utama dan cadangan.
2. menentukan lokasi dimana log akan diletakan, hal ini dapat dilakukan dengan mengedit database parameter bernama LOGARCHMETH1. Pilih lokasi yang dapat diakses oleh database cadangan.
3. mengeset LOGARCHMETH1 dengan nilai yang sama dengan database utama
4. untuk lebih aman, dapat digunakan LOGARCHMETH2. Jika LOGARCHMETH2 diisi, maka log akan disimpan di 2 lokasi yang ditentukan.

Source
DB2 9 DBA exam 731 prep

This entry was posted in DB2 and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>