DB2 High Availability – Split Mirror

Sebuah High Availability (HA) System memiliki karakteristik sebagai berikut
- proses transaksi yang efisien
- recovery yang cepat jika terjadi bencana
- kemampuan failover jika terjadi kegagalan database manager

Berikut kita akan membahas tentang karakteristik yang ketiga. Di DB2 terdapat fitur yang mendukung HA System yaitu log shipping, split mirroring dan high availability disaster recovery (HADR). Kita sudah membahas log shipping di artikel sebelumnya, sekarang kita akan membahas split mirroring.

Dengan split mirroring, kita membuat copy disk dari direktori database dan restore disk tersebut jika dibutuhkan. Beberapa kelehihan split mirroring dibandingkan metode backup
- mengurangi overhead dari database utama, apalagi jika ukuran databasenya besar
- proses restore lebih cepat

Dengan split mirroring bisa dibayangkan seperti kita membuat image dari harddisk. Jika terjadi sesuatu dan ingin kita restore maka image tersebut dapat digunakan merestore kembali atau jika kita ingin melakukan clone di harddisk yang baru yang identik. Demikian juga dengan split mirroring kita dapat membuat database yang identik.

Untuk melakukan split mirroring disarankan menggunakan intelligent storage device seperti IBM Enterprise Storage Server (ESS). Dengan menggunakan Flash Copy, ESS dapat melakukan copy dalam sekejap.

Ketika melakukan proses split mirroring, sangat penting untuk memastikan tidak ada proses penulisan. DB2 suspended I/O membantu agar split mirror dapat berjalan tanpa harus mematikan database. Dengan suspended I/O maka semua operasi database dapat berjalan normal kecuali yang membutuhkan disk I/O.

Berikut command untuk suspend write
db2 connect to sample
db2 set write suspend for database

Berikut command untuk mengaktifkan kembali
db2 set write resume for database

Source
DB2 9 DBA exam 731 prep

This entry was posted in DB2 and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>