Cognos Communication

Komponen IBM Cognos 8 saling berkomunikasi dengan dengan aplikasi lainnya dengan menggunakan BI Bus. BI Bus merupakan SOAP API yang mendukung Web Services Definition Language (WSDL). BI Bus ini mendefinisikan bagaimana standar industri dan protokol digunakan di Cognos 8. Hal ini membua Cognos 8 menjadi sistem yang terbuka.

Segala hal yang diatur melalui Cognos Connection atau portal terlihat di BI Bus. Termasuk packages,folders, reports, analyses, events, directory objects,servers, deployment objects, and metadata. Dengan menggunakan API, kita dapat membuat, membaca, memodifikasi dan menghapus object, dan mengatur security dan properties lainnya.

Dengan menggunakan BI Bus memungkinkan untuk proses berikut berjalan
- messaging dan dispatching
Arsitektur Cognos 8 telah dituning untuk mengurangi waktu dispatch. Cognos 8 dapat menggunakan kemampuan jaringan seperti load-balancing router.

- log message processing
Log di Cognos berisikan status komponent dan event penting seperti start dan stop service, fatal error dll.

- database connection management
Cognos 8 menggunakan database untuk beberapa tujuang seperti content store database, query database dan metric sotre database.

- microsoft .NET framework interactions
Cognos 8 menggunakan Microsoft .NET framework untuk memungkinkan user berinteraksi melalui Cognos Go! Office

- port usage
Semua komunikasi dapat menggunakan melewati 1 port saja, kecuali Cognos Content Database dan log server. Defaultnya adalah 9300. Komunikasi dapat berjalan melalui SSL atau tidak, namun bisa diatur jika ingin masing-masing protokol melalui port yang berbeda.

- request flow processing
Menjelaskan bagaimana respon dari Cognos 8 terhadap request dari user. Request yang melalui Web gateway akan dikirim ke dispatcher, sebelumnya divalidasi terlebih dahulu oleh Cognos Application Fir
ewall.

- portal pages
Baik menggunakan Cognos Connection atau protal lainnya, semua fungsi Cognos tersedia di BI Bus. Kita dapat mencari report dan melihatnya di portal atau dapat juga memonitor, configure, mengatur user dan content.

This entry was posted in Cognos. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>