Cognos Express – Introduction

IBM Cognos Express merupakan sebuah solusi business intelligence dan planning yang mengintegrasikan 3 komponen yang ada di Cognos dengan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengerjakan administrasi.

Berikut komponen-komponen dari IBM Cognos Express
1. IBM Cognos Express Advisor
Dengan komponen ini, user dapat dengan mudah mengubah data mentah menjadi high-impact analysis and visualization. User juga dapat dengan mudah melakukan skenario “what-if” hanya dengan melakukan point and click.

2. IBM Cognos Express Xcelerator
Dengan komponen ini, user dapat melakukan transformasi dari spreahsheet sehingga dapat digunakan menjadi highly complex data set dengan response yang real time yang dapat digunakan untuk planning dan analysis.

3. IBM Cognos Express Reporter
Dengan komponen ini, business user dapat mengakses, memodifikasi dan membuat report dengan kemampuan self-service reporting dan ac hoc query. Dapat menggunakan source dari relational database, OLAP dll. Report yang dihasilkan dapat berupa PDF, Excel spreadsheet, email atau portal.

4. IBM Cognos Express Manager
Komponen ini bertugas untuk menginstall, mengkonfigurasi dan mengatur semua komponen yang ada di atas.

IBM Cognos Express memberi banyak kelebihan bagi user. Berikut beberapa di antaranya.
1. Easy to install
IBM Cognos Express telah melakukan preconfigured sehingga user hanya melakukan beberapa klik saja untuk menginstall hingga dapat digunakan.

2. Easy to use
Business user dapat dengan mudah menganalisis informasi, membuat dan memodifikasi report tanpa harus bergantung pada IT.

3. Easy to buy
IBM Cognos Express telah dipackage sedemikian rupa sehingga perusahaan dapat memulai dengan awal yang kecil, langsung mendapatkan business value, dan dapat berkembang seiring kebutuhan.

Sumber
Getting started with IBM Cognos Express

This entry was posted in Cognos and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Cognos Express – Introduction

  1. Herry Atwar says:

    Mas Deny,

    Saya sudah coba install trial version nya, ternyata OS nya harus Windows Server dengan memory 3GB ya? Laptop saya gak cukup nih, ada cara lain?

    Thanks,
    HRR

    • denysutani says:

      Saya pernah mencoba menginstall Cognos express di vmware image Windows server 2003 dengan setting memory 2GB. Jalan kok

  2. ahmad says:

    Apakah harus 64 bit, windows server 2003 nya y, mas deny

    • denysutani says:

      Tidak, saya pernah mencoba install di Windows Server 2003 32bit namun untuk trial. Untuk yg license, sptnya hanya bisa di 64bit.

      Semoga membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>