DB2 HADR load copy yes

Artikel berikut akan membahas mengenai salah satu restriction dari DB2 HADR yaitu load copy no. Seperti yang kita ketahui bahwa operasi load tidak menggenerate log seperti operasi insert. Oleh karena itu jika kita melakukan operasi load di HADR maka operasi tersebut tidak akan tereplicate ke mesin standby.

Namun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan option load copy yes. Dengan cara ini kita akan membuat sebuah file yang kemudian akan dibaca oleh mesin standby sehingga operasi load tersebut dapat direplicate.

Berikut contoh scrip loadnya
db2 “LOAD FROM /db2/db2data/db2genrow100.txt OF DEL METHOD P (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9)
MESSAGES /db2/db2data/db2genrow20rb.msg
INSERT INTO AA.TEST (ID, NAMA, ALAMAT, TGL_LAHIR, TGL_MASUK, TELEPON, KODE_POS, DEPT, SALARY)
COPY YES TO /db2/db2backup/load”;

Untuk lebih mudahnya, ada baiknya file yang akan dibuat ini disimpan ke dalam shared disk yang dapat dibaca juga oleh mesin standby. Jadi dalam kasus ini, mesin standby dapat membaca /db2/db2backup/load juga.

Namun apa yang terjadi jika mesin standby tidak bisa membaca file tersebut. Yang saya alami adalah tablespace dimana table tersebut berada akan dalam keadaan tidak bisa diakses.

Jika hal ini terjadi, maka matikan HADR di mesin standby, copy file tersebut ke dalam path yang sama di disk mesin standby, kemudian start kembali HADR di mesin standby.

Semoga bermanfaat.

This entry was posted in DB2 and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>