IBM Optim Data Growth

Seiring berjalannnya waktu, data yang dimiliki sebuah perusahaan tentunya semakin besar. Ditambah pula ada peraturan yang misalnya mengharuskan sebuah perusahaan menyimpan data selama 5 atau 10 tahun. Data yang sangat besar ini tentunya akan menghabiskan storage dan tentu saja mengurangi performance.

Dengan IBM OPTIM Data Growth, kita dapat melakukan archiving terhadap data-data historical yang tidak lagi / jarang diakses oleh aplikasi. Hasil archive ini selain lebih kecil (compression rate rata-rata 70%) sehingga menghemat storage, juga meningkatkan performance dari database.

Selain kelebihan di atas, dengan IBM OPTIM Data Growth ini, kita dapat pula membaca hasil archive tersebut seperti kita membaca database kita secara relational. Dan lebih hebatnya lagi, jika menggunakan ERP solutions (JD Edwards EnterpriseOne, Oracle E-Business Suite, PeopleSoft Enterprise, Siebel Customer Relationship Management, Amdocs CRM), maka kita dapat mengatur agar ERP ini dapat secara native langsung membaca ke archive file yang kita buat.

Kebanyakan perusahaan akan membackup data historical mereka dan meletakkannya di tape. Jika suatu saat data tersebut dibutuhkan, karena tidak bisa membaca ke backup file tersebut, maka backup file tersebut harus di restore kembali. Dengan IBM OPTIM Data Growth, jika hanya dibutuhkan untuk melakukan pembacaan terhadap data historical, kita dapat melakukannya dengan OPTIM browser. Seandainya data tersebut harus dimasukkan kembali ke database, IBM OPTIM Data Growth dapat melakukan selective restore hanya record yang dibutuhkan saja, yang tentu saja jauh mempercepat proses restore.

Untuk detailnya bisa dibaca di

http://www-01.ibm.com/software/data/optim/manage-data-growth/

This entry was posted in Optim and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>